Minggu, 26 Februari 2012

Biografi Fabio Capello

Fabio Capello (Reuters)
Tuban - Hanya sekitar empat bulan sebelum hajatan besar Piala Eropa 2012, Inggris ditinggal pelatihnya, Fabio Capello. Meski gagal di Piala Dunia dan tak memberi trofi, Don Fabio punya catatan bagus bersama The Three Lions.

Malam tadi waktu Inggris, Capello memutuskan meletakkan jabatannya sebagai pelatih timnas Inggris. Keputusan mengejutkan tersebut diambil karena, diyakini, dia merasa otoritasnya diganggu terkait dicoretnya John Terry sebagai kapten Inggris oleh FA.

Meski dianggap gagal total di Piala Dunia 2010, perjalanan Capello di timnas Inggris sesungguhnya tak bisa dibilang buruk. Melakoni 42 pertandingan, dia mengantar Steven Gerrard cs meraih 28 kemenangan, delapan hasil imbang dan enam kekalahan.

Inggris juga tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhirnya, dengan di antaranya memetik kemenangan atas Swedia dan sang juara dunia, Spanyol, dalam sebuah partai ujicoba. Sementara di Kualifikasi Piala Eropa 2012, Inggris tak terkalahkan dengan meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

Berikut data dan fakta terkait pelatih yang sempat memberi sukses besar buat AC Milan dan AS Roma .

* Fabio Capello lahir pada 18 Juni 1946, di Pieris, San Canzian d'Isonzo, Italy

Karier Bermain

* Memulai karier sebagai pemain di SPAL tahun 1964, sebelum kemudian pindah ke AS Roma tahun 1967 dan meraih Coppa Italia di tahun 1969. Tak lama berselang dia memperkuat Juventus dan meraih Scudetto di tahun 1972, 1973 dan 1975.

* AC Milan menjadi klub berikutnya yang dibela Capello saat dia memutuskan bergabung di tahun 1976. Tahun 1979 Capello meraih Scudetto bersama Rossoneri dan kemudian memutuskan pensiun.

* Di timnas Italia, Capello punya 32 caps setelah memperkuat Gli Azzurri dalam selang 1972 hingga 1976. Total dia membuat delapan gol, termasuk satu-satunya gol yang memastikan kemenangan Italia atas Inggris dalam laga di Wembley tahun 1973.

Karier Melatih

* Setelah Arrigo Sacchi meninggalkan AC Milan di tahun 1991, Capello mengambil alih kendali di klub tersebut dan memenangi titel juara Seri A tahun 1992, di mana Milan tak terkalahkan di sepanjang musim kompetisi tersebut.

* Milan diantar Capello memenangi empat gelar juara Seri A dan Liga Champions tahun 1994. Dia meninggalkan San Siro di tahun 1996 dan berlabuh di Real Madrid. Di Santiago Bernabeu dia langsung memberi titel juara musim 1996-97. Sempat kembali membesut Rossoneri dalam periode singkat, Capello gagal mengulang sukses yang pernah dia raih.

* Tahun 1999 Capello bergabung dengan AS Roma untuk kembali meraih sukses dengan mengantar Il Lupi merebut Scudetto pertamanya dalam kurun 18 tahun terakhir di musim 2000-01.

* Juventus menjadi klub berikutnya yang dilatih Capello (2004) di mana dia meneken kontrak berdurasi tiga tahun. Capello langsung memberi titel juara buat Bianconeri di musim 2004-05 dan 2005-2006, namun karena skandal pengaturan pertandingan titel di musim 2005-2006 Juventus dicoret.

* Pada Juli 2006 Capello memutuskan mundur dari Juventus, dan hanya sehari berselang dia diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid.

* Menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain bintang, jalan Capello di paru pertama musim tidaklah mulus. Namun dia mampu membangkitkan tim di periode kedua kompetisi dan akhirnya meraih titel juara.

* Capello dipecat pada tahun 2007, karena dianggap gagal memberikan performa yang meyakinkan.

Timnas Inggris

* Setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2008, Capello menerima tawaran dari FA untuk melatih Inggris. Kesepakatan antara keduanya tercapai pada Desember 2007.

* Memenangi 18 dari 24 pertandingan pertamanya, Capello mengantar The Three Lions masuk ke putaran final Piala Dunia 2010.

* Malang buatnya, Inggris malah tampil buruk di Afrika Selatan. Steven Gerrard cs dua kali bermain imbang dengan Amerika Serikat dan Algeria, sebelum akhirnya menang tipis atas Slovenia di laga terakhir.

* Inggris terdepak di babak 16 besar setelah kalah telak oleh salah satu musuh bebuyutan mereka, Jerman. Skor akhir laga tersebut adalah 4-1 untuk Der Panzer.

* Kegagalan di Piala Dunia tak membuat Capello kehilangan kursi jabatannya, apalagi dia kemudian meloloskan Inggris ke PIala Eropa 2012. Inggris tampil mengesankan di babak kualifikasi dengan meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

* Pada 3 Februari, FA memutuskan mencoret John Terry dari jabatan kapten timnas Inggris. Dasarnya adalah isu rasisme yang melibatkan Terry, di mana bek Chelsea itu juga harus menjalani proses pengadilan.

* Dalam sebuah acara televisi di Italia, Capello mengktitik keputusan FA tersebut, dan kemudian memutuskan meletakkan jabatan pelatih Inggris pada hari Rabu (8/2/2012) waktu setempat.

Sumber 

Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar